Selasa, 22 Januari 2013

Menyediakan layanan housekeeping

Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tamu
 PROSEDUR PENANGANAN PELAYANAN HOUSEKEEPING 


1. Pengertian Prosedur Penanganan Pelayanan Housekeeping 

 Penanganan pelayanan housekeeping adalah semua aspek pelayanan yang diperlukan tamu sesuai dengan prosedur yang berlaku dan batas yang terkait dengan budaya tamu yang menginap dihotel. 


2. Jenis Pelayanan yang disediakan Housekeeping Beberapa pelayanan yang disediakan housekeeping untuk tamu hotel diantaranya

a. Internal hotel 
- Menjaga kebersihan kantor, rtestoran, meeting room, lobby, corridor, public toilet, kamar. 
- Menyediakan dan merawat uniform karyawan hotel. 
- Menyediakan merawat semua linen hotel. 

 b. External hotel 
- Pembersihan kamar. 
- Penanganan kerusakan atau gangguan di kamar. 
- Pnambahan exrtra bed. 
- Penggatian dirty linen. 
- Penambahan guest supplies. 
- Peminjaman barang atau alat. 
- Penanganan lost and found. 
 - Penanganan pindah kamar. 

 c. Jenis pelayanan lain yang disediakan oleh housekeeping Adapun jenis pelayanan lain yang disediakan housekeeping untuk tamu dapat dikatagorikan menjadi dua jenis, yaitu yang dikenai biaya tambahan dan bebas biaya tambahan. 

1. Barang/jasa yang dikenai biaya tambahan dapat berupa; 
o Tempat tidur tambahan. 
o Pengasuh anak 

 2. Barang/jasa yang tidak dikenai biaya tambahan dapat berupa;

o Seterika dan papannya (iron and iron board) 
o Adaptor. 
o Stop kontak 
o Kursi roda. 
o Pillow dan blanket. 
o Peralatan sholat (sarung, sajadah, mekena) 
o Kitab suci. 
o Pengering rambut (hair drayer). 
o Bahan-bahan permainan anak, dan lain sebagainya. 

3. Tambahan fasilitas kamar 
o Sliper. 
o Shoe shine. 
o Toilet paper hoder, facial tissue. 
o Payung Sewing kit. 
o Alat tulis dan informasi. 
o Hanger 
o Shower cup. 
o Soap, dan lain sebagainya. 

Langkah-Langkah Menangani Permintaan Tamu. 

1. Greeting sesuai waktu dan tawarkan bantuan. 

 2. Dengarkan baik-baik dan konfirmasikan permintaan tamu, bila perlu catat untuk menghindari kesalahan. 

3. Beritahukan kepada tamu mengenai ketentuan jangka waktu peminjaman perlatan. 

4. Segera follow up atau laksanakan permintaan tamu sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. 

5. Laporkan peminjaman peralatan ke housekeeping, masukkan kedalam formulir (guest loan items). 

6. Identifikasi barang yang diminta. 

7. Melakukan pemilihan barang. 

8. Pengiriman barang. 

9. Meletakkan dan menata barang jika diperlukan sesuai dengan fungsinya. 

10. Menjelaskan mengenai cara mempergunakan atau prosedur pemakaian alat sesuai dengan keamanan dan keselamatan kerja. 

11. Memberitahukan mengenai standard batas waktu maksimal pemakaian peralatan sesuai kesepakatan, dan akan diambil apabila batas waktu maksimal pemakaian alat sesuai dengan kesepakatan dan akan diambil apabila sudah selesai. 

12. Menawarkan bantuan lain jika diperlukan. 

13. Mintalah ijin pada tamu untuk mohon diri jika sudah selesai melayani permintaan tamu denganramah dan sopan.

 Langkah-langkah tersebut sangat bervariasi sesuai dengan prosedur operasional perusahaan. 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memberikan layanan housekeeping diantaranya: 

1. Apabila terdapat barang yang ingin dipinjam tamu tidak tersedia atau tidak diperbolehkan dipinjam ke kamar, berilah penjelasan agar tamu dapat mengerti mengerti dan menerima alasan. 

2. Jangan membuat tamu menunggu terlalu lama. 

3. Berikan layanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar